Minggu, 30 Oktober 2016

Permasalahan Air Bersih


Hasil gambar untuk air


Tidak bisa dipungkiri air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Air banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, minum dan masih banyak lagi. Air terdapat di lautan, kutub, sungai, dan danau. Bumi dipenuhi lebih dari 71% air di permukaannya.

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki lautan luas. Tentu ketersedian air di Negara Indonesia sudah tidak diragukan lagi bagi penduduknya. Namun, faktanya masih banyak penduduk yang belum bisa mendapatkan air bersih dengan selayaknya.

"Beberapa penduduk memang sudah bisa menikmati air bersih, tapi masih banyak yang belum bisa merasakan air bersih,"ujar Lana. Mereka itu seperti orang yang tinggal di pedalaman, maupun yang tinggal di dalam hutan. Walaupun ada air dari alam, tapi itu belum tentu bisa dikategorikan sebagai air bersih.

Kurangnya perhatian dari pemerintah dalam memasok air bersih tersebut menjadi penyebab utama mengapa air tersebut tidak dapat dirasakan oleh semua penduduk Indonesia. Walau ada penyebab yang lainnya, seperti terhambatnya akses menuju daerah terpencil.

Seharusnya pemerintah memberikan solusi kepada para penduduk yang belum mendapatkan air bersih, untuk membuat sumur. Ini dapat dilakukan agar penduduk bisa mendapatkan air, tapi itu pun harus dimasak terlebih dahulu apabila ingin diminum. Kalau untuk mandi dan mencuci bisa langsung dipakai saja.

Intinya air harus dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Karena air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Apabila tidak air, maka tidak ada yang namanya lautan dan makhluk hidup akan mati saat itu juga. Maka pakailah air secukupnya dan jangan dibuang-buang !

15 komentar: